adik-adik sekolah minggu

adik-adik sekolah minggu

Sunday 31 October 2010

GAMES, YEL-YEL DAN PRAKTEK KATHINA DANA


GAMES, YEL-YEL DAN PRAKTEK KATHINA DANA

Namo budhaya __/|\__
Kita jumpa lagi dalam sharing sekolah minggu bersama adik-adik SMB VKM. Minggu pagi yang cerah ini merupakan hari yang special. Kali ini yang memimpin puja adalah Vern. Selain kita bisa berkumpul bersama kita juga kedatangan teman baru. Namanya Fellycia, atau panggilannya Icha. Adik Icha ini suka tersenyum dan lucu namun masih malu-malu. Lama-kelamaan akhirnya akrab meski agak susah juga kakak membujuk Icha untuk ikut membaur dan berkenalan dengan teman-teman yang lain. Bener juga ya kata pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang” sesudah saling mengenal dengan cepat kita larut dalam kebersamaan. Tidak ada yang namanya orang asing atau orang baru. Kakak jadi ingat Dhika nih yang katanya kangen sama kak Lani xixixixixi… kakak narsis yah? :p
                                                                       Fellycia
Ok. Setelah pembagian lima poin kepada masing-masing anak karena sudah hadir dilanjutkan dengan games. Terengteng! Kakak sebut sebagai games konsentrasi. Karena games ini menguji ingatan dari anak-anak serta konsentrasi harus focus supaya bisa melewatinya dengan sempurna. Ada yang tahu nyanyian “kepala pundak lutut kaki lutut kaki?” semua menjawab serentak TAU!! Akhirnya semua mempraktekan gerakannya, kakak bertugas sebagai pengacau yang tugasnya mengacaukan konsentrasi dari adik-adik. Sebagian terkecoh, sebagian lagi tetap focus. Lalu gentian kakak yang dikacaukan hehehe. Di games ini adik-adik tidak berhasil mendapatkan poin, semuanya poinnya adalah nol, huhuhuhuhu. 




Session berikutnya adalah sesi tanya jawab seputar kehidupan Sang Buddha, sejak dilahirkan dan mencapai parinibbana. Beberapa pertanyaannya adalah :
1. Berapa bunga teratai yang muncul ketika Pangeran Sidharta lahir dan kemudian berjalan?
2. Siapa nama Ibu Pangeran Sidharta?
3. Siapa nama kusir Pangeran Sidharta?
4. Di mana Sang Buddha parinibbana?
Yang berhasil mendapat poin adalah :

Vern : 10 poin
Jiva   : 5 poin
Kesa  : 5 poin
Cinta  : 5 poin
Vania : 5 poin
Naylam, Chatta, dan Icha belum berhasil mendapatkan poin. Tetap semangat yah! J
Jiva menukarkan poinnya dengan boneka hiasan kulkas yang berbentuk kartun kodok, selamat ya Jiva. Sedangkan Vern mau mengumpulkan poinnya hingga jumlahnya 100 poin supaya dapet voucher jalan-jalan. Ayo kumpulkan lagi Vern!

Setelah puas Tanya jawab dan main games dilanjutkan dengan gerakan yel-yel SMB Karuna Mukti. Ini liriknya…
GO VKM GO VKM GO!
KAWAN MARI KITA BELAJAR DHAMMA BERSAMA…
GO VKM GO VKM GO!



Nah, untuk menyambut hari kathina, Kakak mempraktekan bagaimana sikap dan cara ketika kita berdana kepada anggota sangha. Lalu satu persatu mempraktekan gerakan yang kakak tunjukkan. Semua bisa melakukannya meski masih ada salah-salah sedikit.

Kita tutup kebaktian dengan Dana paramita dan namakara gatha. Tak lupa kami berdoa terlebih dahulu sebelum menyantap makanan yang sudah dibagikan. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu kami secara langsung maupun tidak langsung, semoga jasa-jasa ini bermanfaat untuk semua makhluk. Sadhu, sadhu, sadhu.
Akhir salam namo budhaya ^_^

Demikianlah sharing dari kami, sampai ketemu di sharing Minggu tanggal 14 November, yang akan diisi dengan membuat kue bola coklat yang kemudian akan dibagikan oleh adik-adik. Tanggal 7 November kami semua pergi ke Viphasana Graha untuk merayakan Kathina Day bersama. LOVE YOU!





No comments:

Post a Comment