adik-adik sekolah minggu

adik-adik sekolah minggu

Sunday 17 October 2010

Friend's Forever


Friend’s Forever



Namo budhaya Bodhisatva sekalian ^_^

Nah, kali ini SMB VKM akan berbagi cerita lagi nih tentang kegiatan yang sudah kami lakukan. Pagi yang cerah ini, kami melakukan puja bhakti tepat pukul setengah sepuluh. Puja dipimpin oleh adik Revata, meski masih malu-malu namun patut diacungi jempol sebab sudah berani untuk menjadi seorang pemimpin.  Hore! Aplouse dulu yah, murid Sang Buddha tidak boleh malu dan takut tapi harus semangat.

Setelah puja, kakak membagikan gambar yang telah diwarnai minggu lalu. Ada yang mendapat nilai A, nilai B, dan nilai C. yang dapet nilai A Cuma satu orang yaitu Dhika, koko nya Revata. Lalu kakak menjelaskan mengapa masing-masing bisa mendapat nilai A, B, dan C. Adik-adik serius mendengarkan sambil sesekali bertanya.


Setelah itu kakak mempunyai kejutan, bahwa kali ini ada nilai atau poin yang bisa didapatkan setiap ke Wihara, setiap menjawab pertanyaan dan setiap siapa yang berani menjadi pemimpin puja. Besar nilai poinnya adalah lima, di mana poin-poin itu bisa ditukar dengan hadian jika sudah terkumpul menjadi 20 poin. Adapun macam-macam hadiahnya yaitu :



PIN KRISHNA                                          :20 POIN
GANTUNGAN KUNCI BONEKA          :25 POIN
PENSIL                                                      :30 POIN
BUKU TULIS                                            :50 POIN
GELANG  TANGAN                                :100 POIN

Ok. Tiba saatnya untuk nonton film bersama kartun dengan judul Friends Forever. Semua adik-adik bodhisattva sangat antusias untuk segera menyaksikannya. Kakak segera memutar filmnya, suasana pun hening sejenak.

Johny Mouser adalah seorang pengembara dan seorang actor yang kurang sukses dan membutuhkan perubahan dari semua masalah dan pengalamannya selama tinggal dikota. Dikarenakan tubuhnya yang kecil Johny mouser ditolak sebagai actor. Dia berjanji pada dirinya sendiri bahwa suatu hari nanti dia akan menjadi actor yang hebat. Di hari hujan, mulailah Johny (tikus) berjalan dan terus berjalan mengikuti langkah kakinya untuk memulai pengembaraannya menuju Mullewap. Sebuah desa kecil dengan ladang pertanian yang di huni oleh emyli (sapi) Frans (ayam) waldemar (babi), Cloud (domba), anjing dan beberapa hewan lainnya.

Frans (ayam) selalu mengajari keempat anaknya bagaimana cara untuk terbang, namun selalu tidak berhasil. Begitulah kegiatan sehari-harinya berlangsung seperti itu. Suatu malam, rubah mengincar para penghuni rumah untuk mencari mangsa. Johny tiba-tiba muncul dari bayangan sinar bulan yang membentuk monster raksasa, rubah pun ketakutan tunggang langgang. Pagi-paginya Johny sudah menyelinap masuk dan meminta makanan. Frans (ayam) tidak suka dengan kehadiran Johny (tikus). Johny menceritakan bahwa semalam dia telah menyelamatkan mereka dari ancaman rubah. Semua terkagum-kagum terutama tiga ayam betina yang lain. Tetapi tidak dengan Frans.

Pada malam harinya, mereka menonton film. Semua film yang diputar sudah pernah diputar dan mereka merasa bosan. Maka Johny menawarkan diri untuk menceritakan kisah petualangan sang bajak laut.

Di luar rubah bertemu dengan serigala dan kerbau. Ada pesta ulang tahun dihari minggu dan serigala akan merayakannya dirumahnya. Rubah disuruh membawa mangsa oleh serigala yaitu domba untuk dijadikan hidangan gulai.

Sementara itu, keadaan di Mullewap berubah, semua menyukai Johny (tikus) yang kreatif kecuali Frans (ayam). Cloud (domba) tidak sengaja melempar bolanya keluar melebihi batas halaman bermain. Serigala muncul dan menculik cloud (domba).

Johny mulai bercerita lagi dan membuat Frans makin marah. Sampai semua menyadari bahwa Cloud telah menghilang. Frans menyadari bahwa Cloud telah diculik oleh serigal dan di bawa ke fox. Mereka memaksa Johny sang actor untuk membantu mereka menemukan Cloud. Johny terpaksa menyetujuinya sebab dia bukanlah orang yang benar-benar hebat. Frans menawarkan diri untuk ikut, dan juga Waldemar (Babi), tidak lupa sepeda kesayangan Waldemar dibawanya. Petualangan yang sesungguhnya pun dimulai. Dalam perjalanan mereka bertemu dengan rubah, menyandera si rubah dan menginterogasinya. Rubah mengatakan bahwa nyawa Cloud tinggal dua hari lagi. Johny lagi-lagi tidak ingin peduli dan ingin pergi. Banyak kejadian menarik yang membuat persahabatan mereka tambah akrab namun Johny masih egois. Johny pergi meninggalkan Frans dan Waldemar. Frans dan Waldemar ditangkap oleh serigala. Dengan kelesuan suara hati Johny berkata bahwa Frans, Waldemar dan Cloud adalah teman-temannnya dan mereka harus diselamatkan. Johny akhirnya menyadari bahwa mereka semua adalah sahabat yang sangat baik. Dia tidak perlu menjadi actor yang hebat untuk menjadi seseorang yang penting namun bisa melakukan sesuatu untuk orang lain adalah hal yang paling bermanfaat.

Dalam aksi melarikan diri, Frans berhasil terbang menyelamatkan Waldemar, Johny dan Cloud dari kejaran serigala. Dan serigala pun tenggelam ke dalam sungai yang dalam. Misi penyelamatan Cloud pun berhasil. Johny menemukan sahabatnya yang mampu menerima apa adanya dan siapapun dirinya.

Pesan :

seorang sahabat sejati adalah yang mau berbagi, saling membantu, memaafkan dan tidak membedakan.

Setelah nonton film bersama, tiba saatnya untuk bagi-bagi poin yaitu menjawab beberapa pertanyaan dari praktek mendengar dan melihat secara seksama dan mengetahui bagaimana daya tangkap adik-adik tentang apa yang ingin disampaikan dalam film tersebut. Semua sangat antusias loh, wah sampai kakak bingung yang mana yang menjawab. Semua adik-adik sangat aktif. Yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak minggu ini adalah Dhika dengan total poin 20. Selamat ya Dhika, kamu telah menukarnya dengan pin Krishna. Ayo adik-adik jangan menyerah untuk mengumpulkan poin nya yah?

Lalu kita melakukan kebajikan Dana paramita, dan ditutup dengan Namakara gatha oleh adik Revata.

Sabbe satta bhavantu sukhitata, semoga semua makhluk berbahagia. Namo Budhaya adik-adik bodhisattva, sampai ketemu minggu depan ^_^

Salam Metta
Lani

NB :

Minggu depan akan diisi dengan profile anak-anak sekolah minggu dan permainan memberi dan menerima dengan rintangan-rintangan yang akan kakak bikin. Mau tahu perjuangan adik-adik minggu depan? Tunggu yah, aksi kami semua anak-anak SMB Karuna Mukti.


LOVE YOU.

No comments:

Post a Comment