adik-adik sekolah minggu

adik-adik sekolah minggu

Monday 14 February 2011

Aradhana Dhammadesana

Beranjali __/|\__ Nammo Budhaya ^_^

Ssssttt!! Ada insiden kecil neh. Ah, bukan apa-apa cuma ada yang menarik kali ini, semua berebut untuk memimpin puja bhakti. Dan akhirnya Kesa lah yang memimpin puja. Kegiatan kali ini kita belajar membaca paritta Aradhana Dhammadesana yang biasa dibaca ketika melakukan permohonan dhamadesana kepada anggota sangha. Jika huruf ā dibacanya panjang, jika ñ atau m yang ada titiknya diatas dibacanya Ng, jika ī dibaca i nya panjang.

Brahmā calokā dipatī sahāmpati
Katañjalī andhivarām ayāchatā
Santhī dhasātapparajākkajatikā
Dēssetu dhāmam anukampimām pajam

Inti artinya adalah brahma sahampati memohon ada amkhluk-makhluk yang dimatanya ada debu sedikit memohon untuk mendengarkan Dhamma yang agung.




Satu persatu adik-adik mendapat giliran untuk mengulang tanpa teks. Bagi adik-adik yang langsung bias hafal akan mendapatkan bonus poin. Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyi lagu Avalokitesvara, meditasi dan lima pertapa. Disusul  dengan menambah kebajikan dengan berdana diiringi lagu Dana Paramita. Kebaktian ditutup dan tiba waktunya untuk makan bersama. Kak Lani bikin mie goring untuk adik-adik, hmm nyam-nyam. Berdoa  dulu  sebelum makan;

Terpujilah Buddha, Dhamma dan Sangha
Terima kasih kepada yang menyiapkan makanan ini
Aku bersyukur, semoga semua makhluk hidup berbahagia dan bebas dari derita sadhu-sadhu-sadhu





Beranjali __/|\__ Nammo Buddhaya

No comments:

Post a Comment