adik-adik sekolah minggu

adik-adik sekolah minggu

Sunday 16 January 2011

Meditasi

Salam dari kami beranjalai Nammo Budhaya ^^

Minggu lalu Kesa ulang tahun, kakak ucapkan selamat ulang tahun ya Kesa. Maaf karena kakak kemarin absen tidak menemani adik-adik sekolah minggu, peace ^_^

Hmm, adik-adik yang punya senyum cerah ini memang menggemaskan apalagi kakak yang sudah gemas sekali untuk memberitahukan kalau kali ini kita akan belajar tentang meditasi. Kakak memberi pertanyaan siapa yang pernah terantuk/kesandung? adik-adik menjawab pernah sambil mengacungkan telunjuk. lalu kakak tanya siapa yang salah? Ada yang menjawab batunya nakal, kita yang tidak hati-hati. Kakak menjelaskan bahwa disini tidak ada yang salah namun karena kurangnya fokus atau konsentrasi dari kita. 

Dalam agama Buddha, latihan konsentrasi itu dinamakan meditasi atau melatih pikiran untuk fokus. Meditasi sendiri ada dua macam yaitu Samatha Bhavana = ketenangan batin dan Vipasana Bhavana = pandangan cerah/terang. Adik-adik mengangguk sesekali ditanya ada yang tahu tapi lupa. 

Selanjutnya kakak mengenalkan sikap-sikap dalam meditasi. Ada beberapa sikap yang kita kenal dalam meditasi yaitu meditasi jalan, duduk, tidur, dan sebenarnya kegiatan kita sehari-hari seperti belajar, makan, minum, mandi itupun termasuk meditasi. Adik-adik ada yang bingung lol ^8*

Supaya lebih jelas, kakak mempraktekkan meditasi jalan. Yaitu sikap tubuh yang tegap dengan tangan memangku didepan perut, mata yang setengah tertutup atau pandangan tidak boleh melotot, tepatnya biasa-biasa saja. Kaki kanan diangkat sambil dalam hati berkata kanan, begitu juga ketika giliran kaki kiri yang terangkat. Semua mempraktekkan.

Sulit gak? Adik-adik ada yang menjawab pikirannya kacau, semua muncul. Ada kak Lani xixixixi... ada teman-teman, ada Ibu, Ayah, wah rame jadinya. Kakak menarik nafas panjaaaaaaang. Ya begitulah, ketika kita mulai untuk fokus banyak hal yang bisa membuyarkan tujuan kita.

Setelah itu belajar dengan sikap duduk yaitu meditasi metta bhavana atau meditasi pengembangan cinta kasih kepada semua makhluk dengan mengucapkan semoga semua makluk hidup berbahagia dalam hati secara berulang-ulang. Berikut photo adik-adik






Ternyata adik-adik lebih rileks meditasi dengan sikap duduk katanya hati jadi senang.

Nah, kakak memberikan tantangan nih... selama satu minggu ke depan, adik-adik mencoba untuk mempraktekkan meditasi minimal sekali dalam sehari, waktunya bebas asal tidak mengganggu kegiatan belajar. Tantangan ini disambut baik oleh adik-adik. Sehabis belajar meditasi , perut adik-adik keroncongan dan akhirnya kami menutup dengan lagu meditasi dilanjutkan Dana Paramita dan namakara gatha.

Beranjali 
Nammo Buddhaya
^_^ Be smille

No comments:

Post a Comment